Rabu, 15 Februari 2012

Tanya Jawab


Apa sih yang terdapat pada kentut sigung yang bau?

Pada bagian kali ini Melacak Alam akan membahas sedikit mengenai sigung dimana tim kami mendapat beberapa informasi penting tentangnya dari dua buku yaitu buku Pengetahuan Paling Jorok Sedunia (gramedia), dan Intisari Ilmu : Mamalia (erlangga) (silahkan beli kedua buku tersebut untuk lebih lengkapnya). Langsung aja MaLamfa (Melacak Alam fans), mari sama sama kita jelajah lebih dalam tentang sigung.
Sigung adalah mamalia yang memiliki senjata pertahanan diri berupa kentut yang sebenarnya tidak 100 persen berbentuk gas, tapi seperti spray. Tapi tahukah kamu bahwa sigung menyemprotkan senjatanya bukan dari lubang dubur, tetapi dari dua buah secretor yang terdapat pada dubur, dimana masing masing secretor dapat menembak lebih dari enam kali. Sigung dapat menyemprotkan cairan baunya bahkan sampai lima meter, sekali saja terkene semprotannya, baunya akan bertahan cukup lama.
Apa sebenarnya kandungan cairan itu?, pada cairan itu terdapat salah satu unsure yang sama dengan kentut manusia yaitu butyl mercaptan yang merupakan bau paling busuk di dunia, jika mengenai mata, kita bahkan bisa buta untuk sementara waktu.
Sigung tidak sembarangan menggunakan senjata ini, ia akan menggunakannya ketika merasa terancam. Kita dapat mengenali gerak gerik tubuhnya ketika ia akan mengeluarkan cairan baunya. Pertama tama ia akan menggoyangkan tubuhnya seperti menari, lalu akan merendahkan kaki depannya sambil bokongnya diangkat. Ketika musuh tidak juga pergi, “Croooot” cairan bau disemprotkan tanpa belas kasihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar