Jumat, 03 Februari 2012

MRI ( Magnetic Resonance Imaging)

Did you know about MRI?

       MRI merupakan kepanjangan Magnetic Resonance Imaging. MRI adalah suatu alat kesehatan yang mendiagnosik penampang tubuh manusia berupa gambar berteknologi canggih. MRI tersebut menggunakan medan magnet, frekuensi radio tertentu, dan seperangkat komputer. Sifat magnet pada molekul - molekul dalam tubuh memberikan respon yang berbeda bila diberi medan magnet sehingga citra dalam tubuh dapat dilihat pada komputer.
        Pada umumnya, MRI menggunakan medan magnet sebesar 1 - 1,5 tesla, tetapi untuk otak dibutuhkan medan magnet sekitar 3 tesla.
MRI dapat menghasilkan kualitas gambar yang baik. Oleh karena itu, jika ada kelainan di otak maupun jaringan tubuh yang lain, maka akan terdeteksi. MRI juga dapat digunakan untuk mendeteksi kelainan jaringan di leher, tumor, infeksi atau abses, proses degenerasi, trauma, kelainan bawaan, dan sumbatan pembuluh darah.
        Pasien tak perlu khawatir terhadap tubuhnya setelah di scan dengan MRI karena kekuatan magnet dan frekuensi MRI relatif sangat aman, tidak menimbulkan sakit pada pasien, dan sama sekali tidak ada penggunaan radiasi. Akan tetapi, perlu diingat pasien yang ingin melakukan deteksi  dengan MRI tidak boleh memiliki benda asing dalam tubuhnya, seperti serpihan peluru dan tulang titanium buatan karena medan magnet MRI cukup kuat.

2 komentar:

  1. SAYA pernah mengalami MRI suaranya menakutkan sampai sampai saya tidak lulus,.baru 5menit keringat ingin keluar,dan akhirnya muntah dikarenaka suaranya y begitu keras

    BalasHapus
  2. Saya juga pernah tapi saya tidak takut karena saya fokus dengerin lagu instrumen yang di pasang ditelinga. Semua aman aja dan menyenangkan sampai selesai.

    BalasHapus